Sabtu, 30 Januari 2010

Membuat Artikel Terpotong Blogger

membuat artikel blog terpotong pada blogspot.com
Artikel terpotong Blogger. Itu adalah kata kunci mesin pencari (Mbah Gugel) yang meluncur ke Kombor.Com, blog yang mulai dua hari yang lalu akan saya khususkan untuk update isu atau kegiatan saya dalam golek menir di internet.

Apakah artikel terpotong Blogger itu?

Yang dimaksud artikel terpotong Blogger adalah artikel blog berplatform Blogger — baik yang dihost di blogspot maupun server sendiri — yang dipotong (dipenggal) menjadi dua bagian, yaitu bagian yang ditampilkan dan bagian yang tidak ditampilkan. Umumnya, pemotongan dilakukan dengan ditandai gabungan kata “Read More …”.

Pemotongan artikel ini akan membuat lebih banyak artikel yang dapat ditampilkan di halaman indeks. Bayangkan kalau Anda memiliki artikel dengan rata-rata 2500 kata, berapa lama pengunjung harus menggulung layar ke bawah apabila Anda menampilkan sepuluh artikel di halaman utama?

Bandingkan dengan artikel yang Anda potong dengan tampilan 2 – 3 paragraf saja. Tentu halaman utama blog Anda tidak terlalu panjang ke bawah dan pengunjung tidak perlu menggulung terlalu lama.

Bagaimana membuatnya?

Untuk membuat artikel yang terpotong, Anda bisa mengimplementasikan hack dari Hackosphere yang diberi nama Selective Expandable Post Hack. Saya telah mengimplementasikan di blog ini.

Tidak usah pusing-pusing hanya untuk itu

Anda tidak terlalu mahir dengan kode-kode template Blogger? Tidak usah khawatir, saya sudah melakukannya untuk Anda. Pergilah ke Free Blogger Template saya maka Anda akan mendapatkan template dengan tiga hack sekaligus:

  1. Selective Expandable Post
  2. Label Cloud Hack
  3. WordPress Style Comment Form

Sampai saat ini sudah ada dua template yang saya sediakan di sana. Saya sedang akan mengupload template yang saya pergunakan di www.widarto.net ini untuk dapat dipakai oleh teman-teman yang lain, apabila ada yang mau.

Bagaimana cara memotong artikelnya?

Pertanyaan bagus.

Apabila Anda menulis artikel secara langsung dari web dengan membuka dasbor blog Anda di Blogger, Anda tinggal menambahkan kode berikut pada Post Template di blog Anda (Dari dasbor pilih Pengaturan (Setting) lalu pilih Formating dan di area paling bawah ada post template):


Type your summary here

Type rest of the post here


Apabila Anda menggunakan Windows Live Writer maka Anda harus melakukannya secara manual.





Lalu tuliskan secara manual di tempat Anda akan memotong. Contoh pada artikel ini, saya memotongnya setelah pertanyaan Bagaimana cara memotong artikelnya? Lihat bagian yang diwarnai kuning pada gambar di bawah ini:



Nah, jangan
lupa pada bagian paling akhir artikel Anda ketikkan



Dengan memakai template yang tersedia di Free Blogger Template, maka Anda akan memiliki template yang sudah berisi hack yang sangat bermanfaat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar